Strategi penting E-Business



Seperti yang kita ketahui E-Business adalah salah satu kegiatan transaksi jual beli atau memasarkan suatu produk yang dilakukan melalui kegiatan elektronik atau online. Dalam hal ini E-Business sangatlah penting karena selain untuk mensupport bagian pemasaran juga untuk menjalankan dan mengelola bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih.Dalam menjalankan E-Business strategi yang tepat sangatlah penting untuk digunakan. Selain itu juga harus jeli mengenali perilaku konsumen.Keingin tahuan konsumen terhadap perkembangan atau tren terbaru sangatlah besar selain itu juga keinginan untuk melakukan perbandingan terhadap suatu produk dalam segi harga dan kualitas juga sering konsumen lakukan. Mendapatkan suatu informasi dan melakukan transaksi secara efektif juaga menjadi perilaku konsumen sekarang yang wajib kita perhatikan dalam menjalankan E-Businnes.
Strategi E-business dapat dikembangkan dengan adanya penggunaan IT. Sebenarnya hal ini sama dengan bisnis biasa hanya saja dalam E-business memanfaatkan media elektronik. Teknologi informasi merupakan sarana penunjang paling potensial dalam penerapan sebuah E-business. Tanpa adanya tahapan perencanaan dan strategi yang sangat matang E-business mungkin bisa berjalan tapi dalam pelaksanaanya tidak akan bisa bertahan lama untuk mencapai tujuan serta visi misi suatu perusahaan terebut. Jadi untuk menyusun strategi E-business yang sangat penting perlu mempertimbangkan beberapa hal, antara lain :
1. Penyusunan rencana pengembangan
2. Pembangunan secara bertahap
3. Menetapkan prioritas implementasi
4. Pemilihan teknologi yang tepat
5. Penyiapan sumber daya yang ada
6. Pengembangan pihak ke tiga

Selain itu hal terpenting yang juga harus diperhatikan dalan menjalankan E-
businness bahwa teknologi hanya memegang peran kurang lebih hanya 1/3 saja. Perusahaan E-business harus memperhatikan 2/3 bagian lainnya seperti organisasi, SDM, relasi, sistem manajerial dan strategi yang diterapkan. Persoalan E-business bukan sekedar penerapan TI dalam sistem tradisional tapi juga perubahan yang bergulir bersamanya. Yang terpenting dalam strategi E-Business juga memiliki beberapa tingkatan diantaranya adalah :
1. Tingkat Korporasi; strategi perusahaan yang memiliki saham (ownership) beberapa perusahaan lain. 
2. Tingkat Bisnis Multi Divisi; merupakan strategi yang terjadi pada tingkat divisi atau unit bisnis danmerupakan strategi yang menekankan pada perbaikan posisi bersaing produk atau jasa pada spesifik industri atau segmen pasar tertentu. 
3. Tingkat Fungsional; optimalisasi produktivitas sumber daya dalam memberikannilai (value) terbaik untuk kebutuhan pelanggan(customers).
4. Tingkat Operasional; merupakan strategi yang menjalankan implementasi dari operasional-operasional perusahaan.
Selain perlunya kita mengetahui beberapa tingkatan dalam E-Business kita juga harus mengetahui apa saja tahapan –tahapan dalam penyusunan strategi bisnis. Tahaapan –tahapan tersebut antaralain adalah :
Pengamatan Lingkungan
Analisis Eksternal
Lingkungan eksternal : terdiri dari variabel-variabel (kesempatan dan ancaman) yang berada di luar organisasi dan tidak secara khusus ada dalam pengendalian jangka pendek dari manajemen puncak. 
Lingkungan Kerja : terdiri dari elemen-elemen atau atau kelompok yang secara langsung berpengaruh atau dipengaruhi oleh operasi-operasi utama organisasi. 
Lingkungan Sosial : Terdiri dari kekuatan umum-kekuatan itu tidak berhubungan langsung dengan aktivitas-aktivitas jangka pendek organisasi tetapi dapat dan sering mempengaruhi keputusan-keputusan jangka panjang . 
Analisis Internal
1. Struktur, adalah cara bagaimana perusahaan diorganisasikan yang berkenaan dengan komunikasi, wewenang, dan arus kerja. 
2. Budaya, adalah pola keyakinan, pengharapan, dan nilai-nilai yang dibagikan oleh anggota organisasi. 
3. Sumber, daya adalah asset yang merupakan bahan baku bagi produksi barang dan jasa organisasi.
4. Perumusan Strategi adalah pengembangan rencana jangka panjang untuk menejemen efektif dari kesempatan dan ancaman lingkungan, dilihat dari kelemahan perusahaan.
5.Implementasi Strategi adalah prises dimana manajemen bisa mewujudkan strategi dan kebijakannya dalam tindakannya  melalui pengembangan program, anggaran, dan prosedur.
6. Evaluasi dan Pengendalian adalah proses yang melaluinya aktivitas-aktivitas perusahaan dan hasil kinerja dimonitor dan kinerja sesungguhnya dibandingkan dengan kinerja yang diinginkan.





Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga tentang :

Artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas dari pak danang



إرسال تعليق

Post a Comment (0)

أحدث أقدم